Monday, July 19, 2021

Soto Klethuk khas Blora, Gurih Renyah dan Segar

Soto atau juga disebut dengan nama lain misalnya coto, sroto, sauto, ataupun tauto adalah salah satu makanan popular di Indonesia, banyak daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Medan, Soto Padang, Soto Lamongan, dan daerah-daerah lainnya. Setiap daerah memiliki ciri khas atau gaya masing-masing, baik dari segi rasa, bentuk, cara memasak ataupun pelengkap dalam hidangan makanan. Tak kalah dengan daerah lain, Blora juga memiliki Soto khas Blora yakni Soto Klethuk Blora.

Jika ciri khas Soto Betawi ada pada kuahnya yakni campuran antara santan dan susu. Sementara Soto Kudus yang aslinya menggunakan daging kerbau, dan kuahnya yang tidak menggunakan santan. Daging kerbau ini sendiri memberikan sensasi tersendiri karena memiliki tekstur empuk dan lembut yang khas. Sementara Soto Medan dengan warna kuning dan kuah kental, dengan bumbu jintan untuk penyedap selera dan dilengkapi dengan emping, kentang, telur, tomat, dan bawang merah dalam penyajiannya. Walaupun memiliki kesamaan secara umum, akan tetapi daerah-daerah itu dan daerah lainnya juga memiliki memiliki ciri khasnya masing-masing.

Begitu juga Blora, Soto khas Blora yang satu ini yakni Soto Klethuk. Ciri khas utama dari Soto Klethuk adalah terletak pada klethuknya. Di mana saat kita makan Soto klethuk maka akan menghasilkan sensasi dan bunyi tersendiri berupa klethuk-klethuk.

Gambar Soto Klethuk Blora :




Foto : Instagram @makandiblora

Konon Soto Klethuk sudah ada sejak lama akan tetapi baru dinamakan soto klethuk pada tahun 90-an, lalu bertahan hingga sekarang. Sekarang, Soto Klethuk paling mudah ditemui di kota Blora.

Unsur utama Soto Klethuk hampir sama dengan soto pada umumnya yakni disajikan dengan isian suiran ayam, bihun, tauge, telur, bawang goreng. Kuahnya berupa kuah bening tanpa santan sehingga memiliki rasa yang segar dan gurih. Yang menjadi ciri khasnya adalah klethuk.

Klethuk dalam penyajian Soto Klethuk Blora terbuat dari singkong yang dipotong kotak kecil-kecil kurang lebih sebesar kacang polong. Setelah dipotong-potong lalu digoreng sampai garing dan berwarna coklat keemasan. Dalam penyajiannya klethuk merupakan bahan terakhir yang ditaburkan dalam hidangan Soto Klethuk. Klethuk yang bagus akan tetap kriuk meskipun disiram dengan kuah Soto yang panas.

Soto klethuk bisa juga dinikmati dengan tambahan lauk perkedel atau bisa juga sate telur puyuh. Biasanya warung juga menyediakan Klethuk tersendiri bagi yang menginginkan ekstra Klethuk.

Untuk harga rata-rata Soto Klethuk di Blora adalah 10 ribu saja.

Penulis : SS

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru