Friday, August 13, 2021

Lezatnya Sate Ayam Blora, Unik dan Khas

 


Foto : @makandiblora


Sate ayam merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia. Blora yang dikenal sebagai kota Jati, kota minyak, kota barongan, Blora juga mengenalkan diri sebagai kota sate. Seperti daerah lain yang memiliki ciri khas dalam kulinernya, begitu juga dengan Blora. Salah satu ciri khas yang paling utama dari kuliner Blora adalah penggunaan daun jati sebagai wadah makanan. Lalu apa saja ciri khas dari sate ayam khas Blora?

Mungkin bagi orang luar Blora lebih mengenal sate Madura, sate Ponorogo, atau sate Padang, padahal sate ayam Blora juga tidak kalah nikmat.

Tentu saja setiap makanan daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Sama halnya dengan sate Madura dengan bumbu kacang khasnya, atau saus kacang sate padang yang ditambah dengan irisan cabai sehingga terasa pedas. Sate Ayam Blora juga memiliki keunikannya sendiri. Bahkan dalam sate ayam Blora keunikannya bukan hanya terdapat pada cita rasa makanan.

Beberapa ciri khas sate ayam Blora :

  • Alas daun jati

Pembungkus makanan dengan menggunakan daun jati adalah ciri khas yang paling mendasar di kuliner Blora. Tak terkecuali dalam sate ayam, sate ayam yang tidak dimakan ditempat jika masih menggunakan ciri khas alaminya menggunakan bungkus daun jati dan daun pisang.

  • Cara penyajian

Cara penyajian sate di Blora memiliki keunikannya sendiri, ini termasuk juga penyajian sate ayam Blora. Dalam pemesanan sate ayam Blora anda tidak perlu pesan berapa banyak anda ingin pesan, anda hanya perlu pesan berapa porsi nasi dan porsi bumbu. Dalam penyajian asli khas Blora sate akan disajikan dalam piring dengan porsi yang banyak. Porsi yang cukup untuk anda satu meja, bahkan saat dirasa sate nanti sudah tidak hangat lagi, sate dibakar kembali dan diganti dengan yang baru dan masih hangat. Anda boleh makan sesuka anda.Tapi tentu ada hal yang perlu anda perhatikan, jangan buang tusuk satenya. Karena penghitungan harga berdasarkan berapa banyak sate yang anda makan.

Walaupun sekarang beberapa warung sate sudah tidak menggunakan penyajian model ini lagi. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertanya sebelum membeli.

  • Bayar sesuai tusuk sate

Seperti poin sebelumnya bahwa anda boleh makan sesuka hati, dan nanti satenya bisa dihangatkan kembali apabila sudah dingin. Anda hanya perlu membayar sesuai jumlah tusuk sate yang anda makan.

  • Bumbu sate

Bumbu sate yakni berupa bumbu sate kacang yang berbeda dengan sate Madura maupun sate Ponorogo. Sate Blora memiliki ciri khas bumbu lebih lembut dari sate lainnya, serta daging dari sate Blora diberi bumbu bawang putih, gula, dan ketumbar terlebih dahulu sebelum ditusuk.

  • Menggunakan kuah opor

Dalam penyajiannya juga disediakan kuah opor kuning. Ini tergantung selera pembeli, apabila digunakan akan memberikan rasa yang kebih unik dank has.

 Potret sajian sate ayam Blora

Foto : @sateayampakkarno




Foto :@sateayampakteguh


Sate ayam Blora juga cocok dinikmati bersama Lontong Tahu Blora, mengenai pembahasan lontong tahu Blora anda dapat membacanya di sini, Lontong Tahu, Makanan cepat saji ala Blora

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru