Thursday, September 2, 2021

Menikmati Sunset di Puncak Serut

Bukit yang dulu hanya sebagai lahan pertanian kini telah diubah menjadi destinasi wisata. Terletak di Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken. Lokasinya tak jauh dari Wisata Bukit Kunci di Desa Bangoan. Bukit Serut menawarkan panorama indah untuk foto instagramable. Bukit ini sendiri sebenarnya adalah lahan milik Perhutani, dulu dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang biasanya ditanami jagung, sementara sekarang dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Pembangunan bukit serut dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan didukung oleh Pemerintah Desa. Masyarakat gotong royong membangun area Bukit Serut. Beberapa fasilitas yang telah dibangun warga antara lain adanya gazebo, mushala sebagai tempat ibadah, spot foto yang instagramable, kebun bunga, toilet, warung makan, serta lokasi parkir. Dikutip dari jateng.tribunnews.com Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Singonegoro, Eko Sumarno mengatakan bahwa bukit ini mulai digarap untuk tempat wisata sejak Agustus 2020.

"Kenapa dinamai Bukit Serut, karena di atas bukit terdapat tanaman serut. Warga sudah sejak lama menamainya Bukit Serut," ujar Eko,  Selasa (19/1/2021).

Foto : @puncak_serut


Dulu bahkan akses menuju bukit ini sangat susah sehingga warga perlu kerja bakti untuk membuka akses jalan menuju lokasi ini. Dalam keterangan lebih lanjut Eko Sumarno mengatakan Warga sekitar kerja bakti, bisa sampai 500 orang. Kerja bakti termasuk untuk buka akses jalan menuju lokasi,"

Sekarang setelah menjadi destinasi wisata biaya masuk Bukit Serut hanya dikenakan iuran parker kendaraan sebesar 2.000 Rupiah per kendaraan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit Serut adalah saat senja hari karena tidak terlalu panas dan pemandangan yang disuguhkan berupa sunset yang indah. Sementara waktu lainnya adalah pagi hari karena udara sejuknya lingkungan yang alami. Sementara itu saat malam hari dapat melihat indahnya Kota Blora dari ketinggian, dan jika beruntung dapat menikmati rembulan. Akan tetapi tidak disarankan untuk datang siang hari karena panas.

Fasilitas di Bukit Serut bukan hanya sekedar lokasi foto tetapi juga dikembangkan sebagai Camp Ground.

Keindahan foto Bukit Serut dapat dilihat di instagram @puncak_serut




Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru