Monday, February 7, 2022

Kopi Santan, Kopi khas Blora Maknyus dan Mantap

 

Jika kemarin membahas tentang teh, kali ini kita membahas tentang kopi. Sama halnya dengan teh, kopi juga merupakan minuman sejuta umat. Berada di urutan ketiga setelah air putih dan teh sebagai minuman paling banyak dikonsumsi di dunia. Kopi sudah familiar di masyarakat Indonesia. Kopi memiliki berbagai varian dan jenis misalnya saja black coffee, latte, cappucicino, Americano, espresso, doppio, cortado, dan masih banyak jenis lainnya.

Gambar : Warung Kopi Santan Jepangrejo, Blora

Dalam sejarahnya dari sumber kompas.com menurut legenda, kopi ditemukan di Abyssinia, Ethiopia, pada pergantian abad IX. Sementara masuk ke Indonesia akhir abad ke-17 hingga awal abad ke-18 lewat perusahaan Belanda (VOC). Sejak saat itu kopi berkembang di Indonesia walaupun mengalami pasang surut.



Tak diragukan lagi bahwa kopi merupakan minuman favorit banyak kalangan. Di Blora ada kopi yang khas, yakni kopi santan. Dari situs resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Blora dikatakan bahwa Kopi Santan ini sudah ada sejak tahun 1980 an. Pendirinya adalah Mbah Sakijah, dan sekarang sudah masuk ke generasi ketiga Ibu Nur Khomariah. Kopi santan ini juga telah bersuara di kancah Nasional, Alm Bondan Winarno yang seorang jurnalis dan pengamat kuliner ternama di Indonesia pernah berkunjung ke Kopi Santan Blora pada 2017 karena keistimewaannya. Dalam komentarnya dia berkata kalau Kopi Santan Blora rasanya maknyus tenan. Dari kunjungannya ini juga kopi santan Blora dimasukkan dalam buku “Keberagaman Kopi Nusantara”. Kopi santan Blora juga sudah diliput beberapa media, misalnya seperti mojok.co, sloops.com, infoblora.com, inibaru.id dan beberapa lainnya.

Gambar : Kopi Santan

Kopi ini juga beberapa kali dikunjungi Bupati Blora sekarang Pak Arief Rohman dalam menyambut tamunya.

Warung ini buka mulai pagi hingga malam pukul 22.00 WIB. Kopi santan ini khas secara pembuatannya, kopi baru akan dibuat setelah adanya pesanan. Ada perbedaan dari kopi biasa, jika kopi biasa menggunakan air panas akan tetapi kalau kopi santan menggunakan santan. Santan di sini diracik secara dadakan, inilah yang membuat rasanya lebih gurih dan mantap. Dibutuhkan waktu selama sekitar 15 menit untuk menyajikan kopi santan ini.

Terletak di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora bisa dicari di google maps. Informasi lainnya juga bisa dilihat di instagram kopi santan @kopisantanjepangrejo.

 

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru