Monday, October 10, 2022

5 Makanan Khas dan Rekomendasi Kuliner di Blora

 

Setiap daerah memiliki makanan khas daerahnya masing-masing, termasuk Blora. Kabupaten Blora adalah salah satu kabupaten di wilayah Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Kota yang dikenal sebagai Kota Jati, Kota Baronganm ataupun Kota Sate ini memiliki makanan khas daerah yang lezat. Bila anda berkunjung ke Blora tak lengkap rasanya jika belum mencoba beberapa makanan khas Blora. Berikut ini adalah beberapa rangkuman makanan khas daerah Blora.

  • Sate Kambing

Sebagai kota yang terkenal sebagai kota sate, Blora memiliki beberapa varian sate yang lezat. Salah satunya adalah Sate Kambing khas Blora. Sate Kambing Blora berbeda dengan Sate kambing daerah lainnya. Dalam penyajian aslinya Sate Blora memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya yakni dengan disajikan langsung tanpa pemesanan jumlah porsi, pelanggan hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah yang dimakan. Akan tetapi sekarang beberapa sudah mulai berubah penyajian ini dengan penyajian sesuai dengan porsi pesanan.

Gambar : Sate Kambing Pak Muntaha


Sate kambing Blora memiliki tekstur daging yang empuk. Hal ini dikarenakan pedagang sate memilih kambing yang masih muda dan sehat untuk mendapatkan tekstur yang empuk tersebut. Pemanggangan juga hanya membutuhkan waktu singkat, kurang lebih 10 menit untuk disajikan. Daging sate kambing Blora tidak prengus karena telah dilumuri dengan bumbu khas.

Sate kambing Blora merupakan tipikal sate yang pedas-manis ini dikarenakan bumbu kecap disertai dengan merica dan cabai. Di dalam bumbu kecap pendamping juga disertai sambal gilingan yang di dalamnya ada irisan tomat dan irisan bawang merah. Sate Kambing Blora juga nikmat disajikan bersama dengan gulai beraroma rempah-rempah.

Tak lengkap rasanya ke Blora jika belum mencoba Sate Kambing Blora. beberapa warung rekomendasi sate kambing Blora misalnya warung sate Kambing Pak Daman yang beralamat di Jl.Gunung Sindoro No.4 Tempelan, warung Sate Kambing Pak Tegar di Jl. Raya Blora-Purwodadi, Brumbung, Gagaan, Kecamatan Kunduran, Sate Kambing Pak Muntaha beralamat di Jl.Raya Blora-Randublatung, Beran, Mlangsen Blora.

  • Sate Ayam

Kedua ada Sate Ayam Blora, sate ayam dari berbagai daerah pasti memiliki ciri khasnya tersendiri. Misalnya saja sate ayam Madura, sate ayam Ponorogo, sate ayam Padang, begitu pula dengan Sate Ayam Blora memiliki ciri khasnya sendiri dan tentu saja tidak kalah lezat. Penyajian sate ayam Blora langsung disajikan banyak dalam satu piring tanpa harus memesan jumlah tertentu, pelanggan hanya perlu membayar sesuai jumlah sate yang dimakan saja. Bumbu kacangnya juga khas, selain itu sate ayam Blora akan disajikan menggunakan kuah opor kuning.

Gambar : Sate Ayam Blora





Warung sate ayam Blora mudah ditemui di Blora, bebeerapa tempat rekomendasi sate ayam Blora misalnya Sate Ayam Pak Teguh beralamat di Jalan Pemuda No.25 Tempelan, Blora, Sate Ayam Pak Kadirun di Jalan Gunung Sumbing No.1 Tempelan, Blora, Sate Ayam Pak Daman di Jalan Gunung Sindoro No.4 Tempelan, Blora.

Penasaran dengan sate ayam Blora dapat dilihat review lengkapnya di Sate Ayam Blora, Unik dan Khas


Selanjutnya ada Nasi Pecel yakni makanan semua kalangan dan bisa dinikmati dari Pagi hari, siang hari, malam hari, bahkan tersedia juga saat tengah malam hingga dini hari. Makanan yang berbahan utama kacang tanah yang digoreng lalu dihaluskan menjadi sambal ini tentu saja sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya Jawa. Nasi pecel sangat nikmat dinikmati dengan berbagai toping sayuran serta ditambah dengan telur dadar ataupun berbagai macam gorengan. Nasi pecel dapat dijumpai di warung-warung yang terletak di hampir seluruh pelosok Blora, rasa-rasanya tidak sulit untuk menemukan menu nasi pecel. Tentu saja yang paling khas dari daerah Blora adalah menggunakan alas daun jati.

Gambar : Nasi Pecel Blora


Beberapa warung nasi pecel yang direkomendasikan misalnya Nasi Pecel Pincuk Fastco di Jalan Gunung Wilis No.41 Tempelan, Blora, Pecel Pincuk langgar dhuwur alamat di Jalan Gatot Subroto No.252, Langgar Dhuwur, Tutup, Kec. Tunjungan, Nasi Pecel Mantap Bu Sukarmi Jalan Gor Kios Jlubang No.07 Tegalgunung, Blora.

Di list ke empat ada Lontong Tahu khas Blora, menu ini terdiri atas Lontong yang disajikan bersama tahu goreng dan ditaburi dengan bumbu kacang di atasnya, bisa juga ditambahkan dengan sayuran, dan ditambah lauk lainnya. Dalam sajiannya lontong tahu Blora akan lebih nikmat jika sudah dibungkus dengan daun jati. Dalam penyajiannya bumbu kacang baru dihaluskan saat ada pesanan dari pelanggan, jadi bisa dibilang lontong tahu Blora adalah makanan cepat saji khas Blora.

Gambar : Lontong tahu Blora


Beberapa warung lontong tahu Blora yang direkomendasikan adalah Lontong Tahu Mas Noor di Jalan Dr. Sutomo No.29 Tempelan, Blora, Lontong Tahu Pak Dasrip beralamat di Jalan RA. Kartini, Kunden, Blora, Lontong Tahu Komplek Pasar Sido Makmur Blora.

Soto juga makanan yang sangat terkenal, ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam varian soto di berbagai daerah, mulai dari Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Medan, Soto Padang, Soto Surabaya, Soto Semarang, Soto Padang, dan lainnya semua memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan soto khas Blora ini yakni Soto Klethuk Blora, soto klethuk Blora berkuah bening kaldu dengan berbagai isian nasu, bihun, sayuran, suiran ayam,telur, taburan bwang goreng dan yang paling khas dari soto klethuk Blora adalah klethuknya. Klethuk ini berupa potongan singkong yang dipotong kecil-kecil seukuran kacang polong lalu digoreng dan ditaburkan di atas penyajian Soto Klethuk Blora. Sensasi klethuk-klethu saat menikmati soto klethuk Blora. klethuk yang bagus adalah yang tetap kriuk meskikpun disiram dengan kuah Soto yang panas.

Gambar : Soto klethuk Blora


Beberapa tempat makan soto klethuk yang direkomendasikan adalah Soto Klethuk Pak Galo beralamat di Jalan Gunung Sindoro, Tempelan, Blora, Warung Soto Ayam Klethuk di Beran, Mlangsen, Blora.

Itulah 5 Makanan khas Blora serta beberapa rekomendasi tempat kuliner di Blora

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru