Tuesday, October 5, 2021

Instagram, Fb, dan WA down, Ini penyebabnya


Layanan Facebook, Instagram, dan Whatsapp down disejumlah Negara malam tadi hingga dinihari hari ini, Selasa(5/10/21). Gangguan ini terjadi di beberapa Negara termasuk di Indonesia. Banyak pengguna melaporkan tidak bisa log in ke facebook, sementara instagram tidak bisa direfresh dan hanya menampilkan tulisan “couldn’t refresh feed.” Sementara pada layanan Whatsapp tidak bisa mengirim serta menerima pesan dalam bentuk apapun, yakni teks, foto, ataupun video. Gangguan ini juga terjadi di beberapa Negara misalnya dari Negara tetangga SIngapura, Malaysia, dan lainnya, ini juga terjadi  di Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Menurut laporan situs Downdetector.com, lebih dari 60 ribu pengguna melaporkan Facebook bermasalah, dan lebih dari 54 ribu untuk masalah WhatsApp down.

Gangguan ini justru ramai dibicarakan di twitter, dalam keterangannya akun resmi facebook di twitter mengatakan,  "Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis akun Facebook.

Sementara itu akun Whatsapp di twitter mengatakan, "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin,"
"Terima kasih atas kesabaran Anda!,"

Di twitter ini ramai diperbincangkan setidaknya lebih dari 1,23 juta cuitan yang menyinggung soal masalah WhatsApp dan lebih dari 86,6 ribu cuitan instagram Down.

Dikutip dari liputan6.com tidak diketahui apakah gangguan ini disebabkan maintenance internal dari WhatsApp, Instagram, dan Facebook, atau masalah dengan server atau layanan mereka diserang.

Dalam berita yang berjudul ini penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebooj down disebutkan bahwa dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, ini menunjukkan bahwa masalahnya adalah konfigurasi DNS atau masalah server.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru