Tuesday, May 25, 2021

Progres Pembangunan Bendungan Randugunting

Progress pembangunan bendungan Randugunting  di wilayah Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora  sudah mencapai 64 persen.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP,M.Si didampingi Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, berkesempatan meninjau secara langsung pembangunan bendungan, Senin (24/5/2021) siang hingga sore.





Gambar : Bupati dan Wakil Bupati Blora meninjau pembangunan Bendungan Randugunting di Kecamatan Japah(@ariefrohman838)


Pembangunan bendungan itu diharapkan bakal menjadi sumber air baku dan sekaligus tempat wisata air maupun agrowisata di Blora kedepan.

Disampaikan Bupati, Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden RI dan Kementerian PUPR yang sudah mewujudkan Bendungan Randugunting.

Menurut Bupati Blora, “Kita sampaikan terima kasih, apresiasi untuk Pak Presiden juga Pak Menteri PUPR yang sudah mewujudkan mimpi kami, adanya bendungan di Japah ini, karena ini dilihat sejarahnya sudah sejak 1985, Alhamdulillah bisa diwujudkan”.

Bendungan tersebut, nantinya akan memberikan manfaat air baku, yang dapat dimanfaatkan bagi Kecamatan Japah dan sekitarnya.

Bupati menambahkan, disamping manfaat penyediaan air baku, Blora juga memiliki kesempatan untuk pengembangan pariwisata, yang tentu juga akan mendorong perekonomian masyarakat setempat. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi wilayah tersebut.

“Kita berbicara kawasan, jadi kabupaten Rembang, Pati, juga dapat manfaat irigasi, sementara Blora nanti juga dapat untuk sektor pariwisata dan PDAM,” kata Bupati.

Untuk daerah Japah dan sekitarnya termasuk kemungkinan Todanan dan sampai ke Banjarejo yang kurang air ini bisa disuplai PDAM dari Randugunting.

Bupati berharap, pembangunan Bendungan Randugunting dapat berlangsung lancar dan pada bulan Desember 2021 sudah dapat dilakukan pengisian air. Sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar.

“Diharapkan nanti akhir tahun di Bulan Desember sudah pengisian air dan ini menjadi bermanfaat. Rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi," jelasnya.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Randugunting, Wahyu Apri Yoga mengungkapkan bahwa pembangunan ditargetkan selesai 100 persen pada pertengahan 2022 mendatang namun pengisian air bisa mulai dilakukan akhir 2021.

“Progress saat ini adalah 64 persen, kami rencana sampai dengan impounding targetnya 85 persen, dan semoga bisa selesai di Desember ini, sehingga bisa diresmikan untuk pengisian waduk awalnya. Untuk progress finishing, kami targetkan di bulan Juni 2022 semua item sudah selesai 100 persen,” ungkap Wahyu.

PPK Bendungan Randugunting tersebut menjelaskan, bahwa nantinya Kabupaten Blora juga akan memperoleh manfaat air baku.

“Blora dari manfaat, dari total manfaat 150 liter per detik, khusus untuk Blora dapat 100 liter perdetik untuk air bakunya,” pungkasnya.

Sebelum meninjau pembangunan bendungan secara langsung, Bupati dan Wakil Bupati terlebih dahulu melangsungkan rapat koordinasi dengan Perwakilan BBWS Pemali Juana, dan kontraktor.

Jadi harapannya bahwa semoga saja dengan adanya bendungan Randugunting ini masyarakat sekitar bisa memanfaatkan sumber daya air yang ada sehingga akan membawa dampak yang baik bagi wilayah yang kekurangan air.

Penulis : M.Qowi

Sumber : blorakab.go.id

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru