Friday, August 27, 2021

Ada Set Top Box Gratis dari Pemerintah, Ini Kriteria Penerimanya

 


Migrasi TV analog ke TV digital diundur dari rencana awalnya 5 tahap (Baca : TV Analog Akan Dimatikan, Blora Paling Lambat Akhir Tahun Ini) seluruh Indonesia menjadi 3 tahap. Dimana penghentian tahap pertama sekitar 30 Arpil 2022, tahap 2 sekitar 25 Agustus 2022 dan tahap 3 pada 2 November 2022. Hal ini dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate pada Selasa(10/8/2021) dalam acara Konferensi Pers Pelantikan Dirjen IKP. Dikutip dari kompas.com Menkominfo mengatakan "Masih dibahas yang rencananya menjadi 3 tahap ASO, tahap 1 sekitar 30 April 2022, tahap 2 sekitar 25 Agustus 2022 dan tahap 3 pada 2 November 2022 ( sesuai amanat UU Cipta Kerja ). Akan dibuat dalam bentuk Permenkominfo yang revisisnya sedang dalam tahap finalisasi,"

Meskipun rencana migrasi dari TV analog ke TV digital diundur dan dilakukan tahun depan, Kementerian Komunikasi dan Informatika berjanji tidak akan menyalurkan set top box secara mendadak atau mepet saat siaran TV analog dimatikan. Rencananya, bantuan set top box gratis tersebut akan disalurkan kepada rumah tangga miskin yang mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Sebagai informasi set top box adalah alat yang akan membantu masyarakat dalam menerima siaran TV digital meskipun menggunakan TV analog.

Menurut Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia aka nada 6,7 juta subsidi set top box yang saat ini sudah divalidasi dinas sosial dan akan diverifikasi oleh Kominfo. Dalam keterangannya seperti dikutip dari inet.detik.com. Gery mengatakan  "Untuk keluarga miskin nanti ada subsidi set top box. Jumlah keluar miskin sekitar 6,7 juta nanti akan disubsidi. Set top box dari mana? dari pemerintah dan penyelenggara infrastruktur mux,"

Untuk kriteria penerima bantuan set top box gratis dari pemerintah adalah

  1. WNI dengan KTP Elektronik.
  2. Rumah tangga miskin yang memiliki televise, terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data perangkat daerah bidang sosial.
  3. Lokasi rumah berada di cakupan siaran televise yang akan terdampak ASO

Nantinya setelah data penerima bantuan ini valid, pemerintah akan mendistribusikan set top box dari penyelenggara mux atau pemerintah. Pendistribusian sendiri akan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Meskipun terdapat perubahan jadwal dalam suntik mati TV analog akan tetapi suntik mati TV analog ditargetkan tepat waktu.

Masih dari sumber yang sama dalam keterangannya lebih lanjut Gery mengatakan "Untuk keluarga miskin nanti ada subsidi set top box. Jumlah keluar miskin sekitar 6,7 juta nanti akan disubsidi. Set top box dari mana? dari pemerintah dan penyelenggara infrastruktur mux,"

sumber foto : https://lensabanyumas.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-24857184/kominfo-akan-berikan-bantuan-set-top-box-bagi-keluarga-tak-mampu-cek-fungsinya-disini

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru