Wednesday, November 9, 2022

Festival Barongan Nusantara Kembali hadir dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Blora ke-273

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-273 Festival Barongan tingkat Nasional kembali digelar. Rencana pagelaran Festival Barongan Tingkat Nasional dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 November 2022. Ini merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Blora yang jatuh pada 11 Desember.

Kegiatan ini disambut baik Ketua Paguyuban Seni Barongan Adi Wibowo, seperti dilansir dari lingkarjateng.com. Ari Wibowo sangat mendukung dan siap memeriahkan festival tersebut. Kesenian barongan sendiri telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh UNESCO.


Festival Barong Nusantara 2022

Gambar : Poster Festival Barongan Nusantara

Acara Festival Barongan Nusantara dijadwalkan digelar mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 11.00 malam WIB. Untuk rute Festival Barongan Nusantara dari Jalan Pemuda Blora, sebagian Jalan Ahmad Yani sampai ke Lapangan Kridosono Blora.

Rangkaian acara Festival Barongan Nusantara terdiri dari Parade Barongan Blora, Rancak Rampak 1000 Barongan hingga Malam Puncak Anugerah Festival Barongan Nusantara Jawa-Bali 2022.

Dikutip dari blorakab.go.id Festival Barongan Nusantara 2022 akan diikuti 40 grup. Masing-masing dari 40 grup ini ada 8 kepala Barongan.

Acara ini tentu akan mendukung industry ekonomi kreatif serta pariwisata Kabupaten Blora, lebih dari itu acara ini juga bagian untuk melestarikan seni tradisional karena Barongan Blora adalah peninggalan leluhur yang harus kelestariannya dan mempunyai ciri khas tersendiri. Di dalam Barongan Blora mengandung sifat-sifat kerakyatan masyarakat seperti spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kasar, keras, kompak, dan keberanian yang dilandasi kebenaran.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Artikel Terbaru